nusakini.com - Manchester - Manajer Manchester City Pep Guardiola berharap David Silva segera memastikan masa depannya dengan meneken kontrak baru di Etihad Stadium.

Playmaker asal Spanyol tersebut masih terikat kontrak dengan kubu The Citizens hingga Juni 2019 dan meski usianya tidak lagi muda, Silva tetap mampu menunjukkan kelasnya dengan mengemas satu gol dan sepuluh assists dari 17 penampilannya di semua kompetisi musim ini.

Dengan kontrak yang tidak lama lagi berakhir, pemain yang direkrut dari Valencia pada musim panas 2010 itu kerap dikaitkan dengan kepindahan ke tim lain, namun Guardiola berharap pemain berusia 31 tahun itu bersedia tinggal lebih lama di Eastlands.

“Ketika dia [Silva] akhirnya meneken kontrak baru, kami akan sangat senang,” kata Guardiola dikutip dari Sky Sports News. “Klub ini butuh pemain yang telah bermain di sini untuk waktu yang lama demi membantu sejumlah pemain [muda] seperti Phil Foden di masa depan.

“Apa yang paling saya sukai dari David – dia merupakan sosok yang serius dalam hidupnya, sedikit pemalu – adalah betapa kompetitifnya dia, agresif dalam memenangkan duel, padahal aslinya dia lebih ke arah teknik dan umpan.

“Saya begitu mengaguminya. Dia sangat cocok dengan sepakbola Spanyol namun di sini dengan kecepatan dan cuacanya, angin serta kondisi yang sulit, dia mampu bertahan untuk waktu yang lama.

“Saya kerap memperhatikan bagaimana para pemain bereaksi di momen yang buruk, selama pertandingan dan dalam situasi yang buruk. David selalu ada di sana dan sangat penting untuk klub ini.

"Sama seperti Yaya Toure, Joe Hart, Vincent Kompany dan Pablo Zabaleta serta pemain lainnya, dia adalah legenda bagi klub ini. Saya harap dia akan terus di sini selama beberapa tahun ke depan.” (fft/om)